Bocah 9 Tahun dari Singapura Ciptakan Aplikasi dan Game di iPhone

.


Ketika kebanyakan anak sebayanya masih menggambari kertas dengan krayon, bocah berusia 9 tahun bernama Lim Ding Wen dari Singapura "menggambar" di kanvas yang sangat berbeda, yaitu iPhone miliknya.

Lim yang murid kelas empat SD itu menciptakan aplikasi di telepon genggam populer iPhone produk Apple.

Program aplikasi terakhirnya, sebuah program menggambar bernama Doodle Kids, telah diunduh lebih dari 4.000 kali dari aplikasi iTunes keluaran Apple dalam dua minggu terakhir. Demikian laporan The New Paper, Kamis (5/2).

Program ini membuat para pengguna iPhone menggambar lewat jari tangannya dengan menyentuh layar sentuh iPhone untuk kemudian membersihkan layar itu dengan mengguncangkan telepon.

"Aku menulis program itu untuk adik bungsu perempuanku yang suka menggambar," kata Lim yang mempunyai dua adik perempuan masing-masing berumur 3 dan 5 tahun.

Lim yang menguasai enam bahasa pemrograman mulai menggunakan komputer pada usia 2 tahun. Sejak usia itu dia telah menyelesaikan 20 proyek pemrograman komputer.

Ayahnya, Lim Thye Chean, adalah seorang kepala bagian teknologi pada satu perusahaan teknologi informasi lokal yang juga menciptakan aplikasi-aplikasi iPhone.

"Setiap malam kami memeriksa statistik pesan e-mail ke kami (melalui iTunes) untuk mengetahui siapa yang lebih banyak mengunduh," kata Lim Thye.

Anak yang suka membaca buku pemrograman komputer ini sedang menyelesaikan aplikasi iPhone lainnya, sebuahgame fiksi ilmiah bernama "Invader Wars". (kompas)

"EXCHANGE LINK"