4 Pertanyaan Yang Harus anda Ketahui Sebelum Membuat Hobi Menjadi Bisnis

.

Hello Semua..

Sekarang saya mau berbagi informasi mengenai hal-hal apa
saja yang perlu anda ketahui sebelum terjun ke dunia
bisnis yang berasal dari hobi. Mudah-mudahan informasi ini
bermanfaat untuk anda yang membaca article ini

Memang sih, KELEBIHAN dari membuka bisnis yang berasal
dari hobi, kita tahu betul bahwa kita akan menikmatinya. Kita
juga akan merasa lebih 'fun' dalam mengerjakannya. Jauuhhh..
dari rasa bosen! :-)

Tapi apa benar begitu? Sebelum memutuskan untuk membuat
hobi anda menjadi bisnis, coba ajukan pertanyaan-pertanyaan
ini ke diri anda sendiri terlebih dulu.

1. Apakah anda bersedia melakukan sesuatu yang
berulang-ulang terus?

Diharuskan mengerjakan sesuatu secara berulang-ulang dengan
baik tentu sangat berbeda dengan mengerjakan aktivitas rekreasi
(hobi) tanpa tekanan dan tanpa target bisnis.

Tentu saja jika ingin mengubah hobi menjadi bisnis, anda
harus siap dengan konsekuensi ini.

2. Apakah hobi anda cukup berharga untuk dijadikan bisnis?

Jangan hanya memikirkan kesenangan anda semata. Lakukan
"market research" sebelum membuat hobi anda menjadi bisnis.
Jika ternyata prospeknya kurang menguntungkan, saran saya sebaiknya jangan
dipaksakan de..h.

3. Apakah hobi anda bisa tetap memotivasi anda dalam
menjalankan bisnis hingga 15-20 tahun mendatang?

Tantangan nyata dalam menjalani bisnis yang berasal dari
hobi adalah bagaimana membuat hobi tersebut tetap
menantang, menarik dan berarti sebagai bisnis dalam 15-20
tahun mendatang. Untuk itu, buat daftar mengenai hal-hal
yang paling menarik dan menantang bagi anda. Lalu tetapkan
satu atau dua ide paling potensial yang bisa memotivasi
anda dalam menjalankan bisnis.

4. Apakah anda tetap akan menikmatinya walau...

Jika kelak anda diharuskan menghasilkan 10 ribu karya atau
melakukan hobi anda ratusan kali setiap tahun, apakah anda
akan tetap menikmati hobi anda?

Intinya, memang tidak ada yang salah dengan membuat hobi
menjadi bisnis. Hanya saja matangkan konsep, lakukan market
research dan rancang business plan sebelum menjalankannya.

Hal penting lainnya adalah memiliki pengetahuan bagaimana
memasarkan bisnis anda baik secara offline maupun online.
Karena tanpa marketing yang tepat, tidak ada orang yang
akan membeli produk anda.

Carilah tempat terbaik untuk mempelajarinya.
misalnya dengan sering2 mengunjungi blog ini hehe...
yang pasti anda harus betul2 bisa memanfaatkan setiap peluang yang ada
dan bisa minimal mempertahankan, dan yang paling bagus
harus ada progress setiap saat. oc

salam sukses

Read More »»

Karakter yang harus dimiliki seorang Entrepreuneur

.

Hari ini, Saya mo coba menjelaskan tentang karakter yang harus
dimiliki untuk menjadi seorang Entrepreuneur.

Bagaimanapun, untuk menjadi entrepreneur, tak cukup memiliki
pengetahuan tentang bisnis. Karakter atau jiwa entrepreneur
juga sangat dibutuhkan. Karena itu penting sekali mengajukan
pertanyaan-pertanyaan berikut pada diri anda sendiri
untuk mengetahui seberapa besar karakter entrepreneur anda

1. Berapa besar komitmen Anda?

Seorang entrepreneur sukses memiliki komitmen yang besar
terhadap bisnisnya. Mudah dipahami memang, tapi sulit dalam
prakteknya. Jika anda masih berangan-angan memiliki bisnis
sendiri dan belum memulainya, barangkali anda mesti memperkuat
komitmen anda dan siap dengan segala resikonya. Bagaimanapun,
tak satupun bisnis di dunia ini yang aman dari resiko. Walau
begitu, resiko juga bisa dimanajemen bukan?! :-)

2. Apakah gelas anda setengah penuh atau setengah kosong?

Tidak semua orang optimis adalah entrepreneur, tetapi
hampir semua entrepreneur adalah orang-orang optimis.
Setiap entrepreneur biasanya memiliki kemampuan melihat
kesempatan positif dari suatu tantangan situasi. Tanpa
keyakinan optimistis, maka akan sulit memotivasi karyawan,
bertahan pada masa-masa sulit dan mengembangkan bisnis.

3. Apakah anda senang membuat keputusan?

Keputusan berarti komitmen. Keputusan yang salah bisa mengarah
pada masalah dan menghilangkan rasa hormat dari suatu kelompok.
Memiliki sebuah bisnis -khususnya yang modalnya tidak besar-
berarti harus siap membuat keputusan dengan market research
terbatas dan informasi yang kurang lengkap. Nah, kira-kira
apakah anda senang membuat keputusan-keputusan demikian?

4. Apakah anda memiliki uang untuk membuat cita-cita bisnis
anda terwujud?

Jangan berhenti dulu dari pekerjaan sehari-hari, sampai
anda memiliki modal yang cukup untuk kelangsungan bisnis.
Memenuhi
kebutuhan keuangan untuk bisnis tidaklah mudah dan perlu
pengorbanan pribadi apakah itu dari tabungan, pinjaman bank,
dll-. Anda juga harus siap jika ternyata ada yang tidak berjalan
sesuai rencana. Nah, apakah anda sanggup menyokong
kelangsungan business plan agar bisnis anda tetap bertahan?

5. Apakah anda senang menjual?

Dalam bisnis, penjualan adalah bagian alami dari segala pekerjaan
bahkan jika mereka tidak pernah bekerja di bidang penjualan
sekalipun-. Sebagai seorang entrepreneur, pekerjaan anda adalah
'menjual'. Menjual produk anda, visi perusahaan dan diri anda
sendiri. Dan anda harus melakukan ini setiap hari, dalam setiap
waktu. Jika anda menikmatinya, berarti anda memang seorang
entrepreneur sejati. :-)

Nah, jika anda menjawab YA pada sebagian besar
pertanyaan-pertanyaan di atas, berarti anda bisa dibilang sudah memiliki
karakter entrepreneur dan siap untuk memiliki bisnis
sendiri.

Tetapi jika sebagian besar jawabannya adalah TIDAK,
sebaiknya pertimbangkan untuk menggaet partner bisnis untuk
membantu membuat rencana bisnis anda menjadi kenyataan. :-)

Dan setelah anda siap meluncurkan bisnis, jangan lupa
untuk terus mengasah bakat anda dengan mengikuti berbagai training mungkin
baca buku2 bisnis mungkin dll.
dan jangan lupa ikuti terus info2 terbaru dari kami
karena bagaimanapun, bisnis anda tidak
akan berkembang tanpa strategi marketing yang jitu.

Selamat mencoba ya....
Semoga Sukses

Read More »»

Siap-siap! Ponsel Anda Akan Dibanjiri iklan SMS Kampanye

.


Persaingan antarcaleg maupun parpol untuk menarik minta konstituen menggunakan layanan SMS di jaringan seluler akan segera dimulai. Namun, sebelum melakukannya mereka wajib mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Aturan main yang mendasari kampanye lewat SMS telah dikeluarkan melalui Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 11/PERM.KOMINFO/2/2009 yang ditandatangani 4 Februari 2009. Sesuai peraturan tersebut, yang wajib daftar hanya pelaksana kampanye baik parpol, perseorangan, maupun tim kampanye. Aturan tersebut berlaku untuk kampanye legislatif, pemilihan presiden dan wakil presiden, maupun pemilihan kepala daerah.

Peraturan tersebut berlaku untuk seluruh jasa layanan melalui jaringan telekomunikasi. Tidak hanya SMS, namun juga segala bentuk kampanye melalui MMS, pesan premium, nada dering (ring tone), dan nada dering balik (ring back tone), jasa nilai tambah (value added services), dan jasa multimedia. Pesan kampanye lewat jaringan telekomunikasi dapat dilakukan langsung oleh peserta pemilu maupun melalui kerja sama dengan operator dan penyelenggara konten.

Meski tak diatur secara rinci tarif yang dikenakan, Pasal 12 menyatakan bahwa penyelenggara telekomunikasi wajib memberikan alokasi waktu yang sama dan memberlakukan secara berimbang. Pasal 14 juga menyebutkan bahwa penyelenggara jasa telekomunikasi dilarang melakukan diskriminasi tarif terhadap pelaksana kampanye atau tim kampanye.

Saat aturan tersebut mulai digulirkan memang menurut Depkominfo hanya mendapat tanggapan dari dua parpol saja, yakni Partai Patriot Pancasila dan Partai Sarikat Indonesia. Apakah dengan adanya aturan main ini akan menarik minat parpol dan caleg untuk ikut serta dalam 'perang' SMS nanti? Kita lihat saja. (kompas)

Read More »»

Koneksi Internet Indonesia Paling Mahal & Lelet di Asia Bahkan Dunia

.


Layanan internet (broadband) di Indonesia adalah salah satu yang terburuk di dunia, bahkan di Asia. Tingginya tarif internet belumlah sebanding dengan layanan, yaitu kecepatan akses data yang memuaskan.

Demikian diungkapkan Ketua Lembaga Riset Sharing Vision Dimitri Mahayana di Bandung, Minggu (1/2).

"Tarif internet di Indonesia itu 300 kali lebih mahal daripada di Jepang. Di sana, tarif layanan termurah dilepas di USD 0,13 per megabit/detik. Di tempat kita, yang paling murah Fastnet, ada di USD 15 per megabit/detik," tutur dosen Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung ini mengutip data dari riset OECD (Organisation for Economic Co-Operation and Development.

Rata-rata di Indonesia, tarif layanan internet adalah USD 50 (Rp 550.000 per megabit/detik. Yang jadi masalah, kecepatan akses rata-rata di Indonesia 256 kilobit per detik. Sementara, kecepatan akses di Jepang mencapai 93. 693 kilobit/detik. Maka, dari hasil survei Sharing Vision, kondisi ini mengakibatkan tingkat kepuasan dan ketertarikan berlangganan internet menurun. Dari 84 persen menjadi 66 persen di tahun berikutnya.

"Kalau lambat dan mahal seperti ini ya repot. Ibaratnya dengan negara lain, kita naik sepeda mereka naik Rolls-Royce. Padahal, banyak hal dan ilmu yang bisa kita dapat dari internet," tuturnya.

Minimnya konten dalam negeri dan lemahnya infrastruktur, yaitu jaringan backbone di Indonesia adalah beberapa penyebab buruknya layanan internet di negara kita. (kompas)

Read More »»

Bocah 9 Tahun dari Singapura Ciptakan Aplikasi dan Game di iPhone

.


Ketika kebanyakan anak sebayanya masih menggambari kertas dengan krayon, bocah berusia 9 tahun bernama Lim Ding Wen dari Singapura "menggambar" di kanvas yang sangat berbeda, yaitu iPhone miliknya.

Lim yang murid kelas empat SD itu menciptakan aplikasi di telepon genggam populer iPhone produk Apple.

Program aplikasi terakhirnya, sebuah program menggambar bernama Doodle Kids, telah diunduh lebih dari 4.000 kali dari aplikasi iTunes keluaran Apple dalam dua minggu terakhir. Demikian laporan The New Paper, Kamis (5/2).

Program ini membuat para pengguna iPhone menggambar lewat jari tangannya dengan menyentuh layar sentuh iPhone untuk kemudian membersihkan layar itu dengan mengguncangkan telepon.

"Aku menulis program itu untuk adik bungsu perempuanku yang suka menggambar," kata Lim yang mempunyai dua adik perempuan masing-masing berumur 3 dan 5 tahun.

Lim yang menguasai enam bahasa pemrograman mulai menggunakan komputer pada usia 2 tahun. Sejak usia itu dia telah menyelesaikan 20 proyek pemrograman komputer.

Ayahnya, Lim Thye Chean, adalah seorang kepala bagian teknologi pada satu perusahaan teknologi informasi lokal yang juga menciptakan aplikasi-aplikasi iPhone.

"Setiap malam kami memeriksa statistik pesan e-mail ke kami (melalui iTunes) untuk mengetahui siapa yang lebih banyak mengunduh," kata Lim Thye.

Anak yang suka membaca buku pemrograman komputer ini sedang menyelesaikan aplikasi iPhone lainnya, sebuahgame fiksi ilmiah bernama "Invader Wars". (kompas)

Read More »»
"EXCHANGE LINK"